Amalan Menjelang Bulan Ramadhan

Adik-adik,...
Sebentar lagi bulan Ramadhan tiba, hayooo, sudah nyiapin apa aja?

1. Melihat Hilal dan Membaca Do’a
Ketika Rasulullah saw, melihat Hilal Ramadhan, Beliau menghadapkan wajahnya ke arah kiblat sambil membaca doa:

“Ya Allah! Berilah daku keamanan dan keimanan, keselamatan dan keislaman, kesehatan yang besar, kekebalan dari penyakit dan kekuatan untuk menunaikan sholat, puasa, menghidupkan  malamnya dan membaca Al Quran. Ya Allah! Berilah daku keselamatan di bulan Ramadhan.  Terimalah seluruh ibadah puasaku dan ibadah-ibadah lainnya di bulan Ramadhan, sehingga apabila Ramadhan berlalu dariku, Engkau telah memaafkan dan mengampuni dosa-dosaku.”

“Segala pujian dan sanjungan untuk Allah semata, yang telah menciptakan daku dan engkau, dan telah menetapkan kedudukanmu serta telah menjadikanmu (bulan Ramadhan) sebagai saat bagi manusia (untuk beramal). Ya Allah, anugerahkanlah padaku suatu anugerah yang diberkati. Ya Allah, curahkanlah padaku keselamatan, kesejahteraan, keyakinan, keimanan, kebajikan, ketaqwaan, pertolongan, dan keberhasilan mendapatkan apa-apa yang Kau cintai dan ridhoi.”


2. Membaca Do’a Menyambut Bulan Ramadhan
Ketika memasuki malam pertama Ramadhan, Rasulullah saw, membaca do’a:

“Ya Allah, sesungguhnya bulan Ramadhan telah tiba. Wahai Tuhan Pemilik Bulan Ramadhan. Engkau telah menurunkan Al Qur’an di dalamnya, dan telah menjadikannya sebagai penjelas atas petunjuk dan pembeda antara yang haq dan bathil. Wahai Tuhan kami, berkatilah kami  di dalamnya dan bantulah kami dalam menunaikan puasa serta sholat  didalamnya. Terimalah amal-amal kami di dalamnya.”

3. Memperbanyak membaca Al-Qur’an

4. Memperbanyak berdo’a

5. Bersedekah


Selamat menyambut bulan suci Ramadhan....

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Proposal Kegiatan Pondok Ramadhan 1439 H

Implementasi Puasa bagi Kehidupan Sehari-hari

Pesan, Nasehat dan Wasiat KH. Ahmad Dahlan