Biasakan Makan Minum Duduk, Yuk..!!!



“Sesungguhnya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam melarang seseorang minum sambil berdiri.” Qotadah berkata, “Bagaimana dengan makan?” Beliau menjawab: “Itu lebih buruk lagi.” (HR. Muslim dan Tirmidzi)

Hadis lainnya menyebutkan yang artinya, “Jangan kalian minum sambil berdiri, Apabila kalian lupa, maka hendaknya ia muntahkan.” (HR. Muslim).

Membiasakan makan dan minum dengan duduk dalam dunia anak, bukanlah suatu hal yang mudah, segampang membalikkan telapak tangan. Perlu pembinaan dan pengawasan yang sangat intensif dan serius. Sehingga pembiasaan ini benar-benar lekat dalam perilaku anak sehari-hari di setiap makan dan minum baik di madrasah maupun di mana pun berada.

Ech, ternyata makan/minum sambil berdiri dapat berdampak buruk bagi kesehatan, lhoo?! Berikut alasan makan/minum sambil berdiri berdampak buruk bagi kesehatan di antaranya:
§   Ketegangan saraf
§   Menyebabkan hyponatremia
§   Buruk untuk ginjal
§   Gangguan pencernaan
§   Mengacaukan keseimbangan cairan
§   Memuaskan dahaga


Demikianlah, beberapa efek merugikan yang akan terjadi pada tubuh jika kita makan sambil bergerak atau berdiri. Mari biasakan diri kita dan anak-anak kita makan dan minum sesuai dengan yang dianjurkan baginda rasul Muhammad Saw. Insya Allah, nda susah kok.



mimpurwodadi-beranibeda
Jan. 30/2020


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Proposal Kegiatan Pondok Ramadhan 1439 H

Implementasi Puasa bagi Kehidupan Sehari-hari

Pesan, Nasehat dan Wasiat KH. Ahmad Dahlan