Outing Class: Proses Pembuatan Lenteng dan Krenyil, Makanan Khas Temanggung

MIM Purwodadi Tembarak. Selasa, 3 Mei 2016 semua siswa MIM Purwodadi bisa bergembira hati karena akan dilakukan proses pembelajaran di luar kelas. Outing Class kali ini akan mempelajari dan praktek langsung tentang Proses Pembuatan Lenteng dan Krenyil, salah dua makanan Khas Temanggung. Kedua nama makanan tersebut terbuat dari hasil kebun yaitu ubi kayu atau singkong. 

Lenteng dan krenyil, begitu warga memberi nama jenis makanan olahan singkong ini. lenteng terbuat dari singkong kukus yang dihaluskan dan dibumbui kemudian dipipihkan (diletrek) berbentuk bundar yang kemudian dijemur, proses selanjutnya adalah digoreng sehingga lenteng siap untuk dinikmati. Tidak jauh berbeda dengan lenteng, krenyil juga terbuat dari singkong kukus dan ditumbuk bersama bumbu kemudian dibentuk bulatan-bulatan kecil. Cara menikmatinya sama seperti lenteng, setelah tahap penjemuran harus digoreng terlebih dahulu sebelum disantap.

Outing Class ini dilaksanakan di Dusun Kuwaton, Desa Purwodadi Kecamatan Tembarak Kabupaten Temanggung dengan pemilik usaha Ibu Maryonah. Tujuan dari pembelajaran ini adalah untuk mengetahui usaha pangsa lokal yang menjadi keunggulan Usaha Kecil Menengah (UKM) yang ada di desa setempat.

Salah satu siswa sedang mencoba melakukan pemipihan singkong tumbuk menjadi lenteng.

Siswa sedang mencetak dalam pembuatan Krenyil secara manual.

Siswa sedang mencoba mempraktekkan membuat Krenyil secara manual.

Siswa sedang  mempraktekkan membuat Lenteng secara manual.

Setelah mencoba mempraktekkan sendiri bagaimana cara membuat lenteng dan krenyil, setiap siswa mendapat pengalaman tersendiri. Selain itu mereka juga mengetahui pemanfaatan bahan baku yaitu singkong yang dapat diolah menjadi aneka jenis makanan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Proposal Kegiatan Pondok Ramadhan 1439 H

Implementasi Puasa bagi Kehidupan Sehari-hari

Pesan, Nasehat dan Wasiat KH. Ahmad Dahlan