Outing Class: Yummy Home "Syauqis Bakery"

Roti. Sekilas memang seperti makanan kelas elit, itu dulu. Sekarang roti sudah menjadi makanan pokok sebagai pengganti nasi atau hanya sebagai cemilan pengganjal perut saat menanti jam makan. Bentuknya yang gembung, tampilan menarik, rasanya yang manis dan tekstur yang empuk membuat siapa saja ingin menikmatinya.

Siswa kelas V boleh bergembira hari ini karena akan belajar di luar kelas. Outing class kali ini akan belajar mengenai proses pembuatan roti. Rumah industri roti yang akan dikunjungi adalah Home Industry, Syauqis Bakery milik salah satu wali murid yaitu Bapak Muslih yang berada di Dusun Gembongan Desa Purwodadi Kecamatan Tembarak.


(Siswa sedang mendapatkan pembelajaran Outing Class  yaitu proses pembuatan roti pada Home Industry Syauqis Bakery)

Tampak senang dan ceria, para siswa sedang mengikuti proses pembuatan adonan, penimbangan dan pengisian dengan aneka isian roti. Setiap siswa tidak mau ketinggalan untuk mencoba membuat kreasi roti mereka sendiri. Tentunya dengan arahan koki empunya.

(Kegiatan Belajar Outdoor:  Proses penimbangan dan pembentukan roti “Syauqis Bakery”)

Setelatah adonan ditimbang sesuai dengan ukuran tertentu, kemudian dibentuk menjadi bulatan yang kemudian diberi isian khusus. Bulatan bulatan roti yang telah dibentuk kemudian dikumpulkan dan ditata dalam loyang sebelum dilakukan proses pemanggangan.

(Kegiatan Belajar Outdoor:  Proses pemanggangan roti “Syauqis Bakery”)

Setelah berhasil menjadi bentuk setengah bulat, tiba saatnya untuk proses pemanggangan yang berfungsi untuk mematangkan roti. Para siswa masih antusias mengikuti dan meletakkan loyang langsung diatas pemanggangan.

(Proses Pengemasan dan pemberian label roti “Syauqis Bakery” sebelum diedarkan ke konsumen)

Akhirnya, saat yang ditunggu-tunggu, roti kita matang. Tunggu dingin terlebih dahulu sebelum dikemas kedalam plastik yang berisi satu roti dan tak lupa diberi label "Syauqi Bakery". Roti siap untuk dijual.

Kegiatan ini dilakukan hari Senin, 2 Mei 2016. Dengan adanya kegiatan ini setiap siswa dapat memahami langkah demi langkah proses pembuatan roti isi. Tidak hanya sampai disitu, setiap siswa juga diminta untuk merangkum kegiatan tersebut dalam bentuk laporan ringan yang dapat disajikan dalam bentuk berita atau cerita.

Bagaimana?
Asyik kan, sudah belajar, hati senang, perut bisa kenyang (makan roti).
Selamat belajar kawan kawan
Sampai jumpa di outing class berikutnya...


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Proposal Kegiatan Pondok Ramadhan 1439 H

Implementasi Puasa bagi Kehidupan Sehari-hari

Pesan, Nasehat dan Wasiat KH. Ahmad Dahlan