Mengukur Nalar Siswa di Ajang Kompetisi Matematika Nalaria Realistik ke-14

Mengukur Nalar Siswa di Ajang Kompetisi Matematika Nalaria Realistik ke-14




MIM Purwodadi) – Pagi hari ini, Rabu (10/10/2018), sebagian besar siswa MI Muhammadiyah Purwodadi mulai kelas I sampai dengan kelas VI mengikuti perhelatan Uji Soal Matematika Nalaria Realistik (MNR) Ke-14 Tahun 2018. Dengan mengikuti kegiatan ini, siswa-siswi MI Muhammadiyah Purwodadi menjadi bagian dari sekian ribu lebih siswa se-Indonesia yang mengikuti Uji Soal Matematika Nalaria Realistik (MNR) Ke-14 Tahun 2018 yang digelar Klinik Pendidikan MIPA (KPM).

Matematika Nalaria Realistik (MNR) merupakan dasar-dasar matematika yang diujikan dalam olimpiade matematika internasional.  Soal-soal yang diujikan sangat menantang dan relatif baru sehingga sangat menarik. Selain itu, hasil dari uji MNR bisa menjadi alat ukur kemampuan siswa sebelum mengikuti kompetisi nasional dan internasional lainnya. Pada uji pra-KMNR serempak ini, siswa diminta menyelesaikan 25 soal dalam waktu 75 menit. Siswa dibagi dalam tiga level sesuai standar internasional.

Pada upacara pembukaan KMNR Kepala MI Muhammadiyah Purwodadi menjelaskan, bahwa MI Muhammadiyah Purwodadi selalu aktif mengikuti kegiatan KMNR pada setiap tahunnya dan pernah berhasil meloloskan sejumlah siswanya masuk babak final KMNR tingkat nasional di Bogor. Melalui uji MNR ini, diharapkan MI Muhammadiyah Purwodadi dapat mengetahui peta kemampuan nalar matematika para siswanya sebagai bahan penyusunan program peningkatan kemampuan dan minat siswa dalam belajar matematika di masa yang akan datang.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Proposal Kegiatan Pondok Ramadhan 1439 H

Implementasi Puasa bagi Kehidupan Sehari-hari

Pesan, Nasehat dan Wasiat KH. Ahmad Dahlan