Ayo, Membaca …!!!





Hari ini, seusai melakasakan aktivitas olahraga kemudian dilanjutkan dengan membiasakan dan mengakrabkan anak dengan literasi. Berliterasi yang sebenarnya adalah olahrasa dan olahcipta. Semua itu merupakan realisasi dari apa yang dirasa, dilihat, didengar, dan dilakukan. Berliterasi tidak harus di sebuah perpustakaan yang ideal, namun di halaman madrasah pun dapat dilaksanakan dengan bersuka ria bersama.

Iqra’, iqra’, dan iqra’ begitulah kiranya wahyu yang pertama diajarkan malaikat Jibril kepada sang ummi Muhammad. Adalah menjadi dasar bagi kita untuk senantiasa membaca, baik untuk diri kita maupun mengajak kepada peserta didik kita.

MADYAMUDA melalui kegiatan literasinya tiap Sabtu seusai senam pagi, mengajarkan teknik-teknik membaca, sehingga siswa dalam kegiatan membaca bukan sekadar membaca isi bacaannya saja tanpa pemahaman mendalam mengenai isi bacaanya. Siswa diajak berlatih untuk mengingat kembali materi yang telah dibaca, dengan penekanan pada butir-butir penting dan menceritakan kembali isi dari materi tersebut di depan teman-temannya.

Bacalah! adalah perintah ilahi yang sangat mulia dan sangat penting. Tidak mengherankan kenapa Allah memulai dengan perintah ini di awal-awal menurunkan Al Qur’an. Mari terus *membaca* dalam hidup ini!

”Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah, yang mengajar (manusia) dengan perantaran qalam (pena), Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.” (QS Alaq: 3-5)


madyamuda, 19/10/2019

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Proposal Kegiatan Pondok Ramadhan 1439 H

Implementasi Puasa bagi Kehidupan Sehari-hari

Pesan, Nasehat dan Wasiat KH. Ahmad Dahlan