NYANTRI




Sebagai bentuk Pendidikan karakter dalam rangka memperingati Hari Santri Naional, MI Muhammadiyah Purwodadi menyelenggarakan kegiatan NYANTRI. Siswa kelas IV, V, dan VI sangat antosias menyambut kegiatan tersebut. Pada  pukul 16.30 mereka mulai berdatangan ke madrasah dengan berpakaian ala santri, memakai sarung, berbaju koko, dan berkopiah bagi siswa laki-laki. Sedangkan yang perempuan memakai busana muslim.

Seusai jamaah magrib, siswa disajikan tausyiah sampai masuk waktu isya. Dalam tausyiah tersebut disampaikan antara Adab, Ilmu, dan Amal. Adab adalah yang tertinggi. Jika ilmu tinggi menggunung, tetapi tiada adab, ilmu itu menjadi hina. Jika amal banyak berlautan, tetapi tiada adab maka amal itu menjadi sia-sia. Namun, jika adab mengungguli atas segalanya, maka kita akan sentiasa menerima ilmu dan sentiasa dalam amal.

Adzan isya sudah mulai berkumandang di beberapa masjid dusun lingkungan madrasah. Mereka segera menjalankan salat isya berjamaah, kemudian istirahat sebentar untuk makan, minum, dan sebagainya. Kegiatan selanjutnya mereka dibagi dalam beberapa kelompok. Dalam kegiatan ini, setiap kelompok didampingi guru pendamping untuk murajaah bacaan Qur’an.

Pada pukul 03.00 siswa dibangunkan untuk menunaikan salat tahajud dan bermunajat kepada sang Maha Pengasih dari segala yang terkasih. Disamping juga untuk mendoakan beberapa temannya yang saat ini akan berlaga di Open Turnamen Yogyakarta Championship 2019, agar dalam perjalanan menuju Yogyakarta diberikan kelancaran dan kesuksesan dalam pertandingan. Kemudian mereka saling berjabat tangan sebagai tanda pelepasan kepergiannya.

Aktivitas kegiatan pun belum usai, meskipun mereka telah menjalankan subuh berjamaah, berdzikir, mendengarkan kultum, dan menghafal surat-surat pendek. Setelah mandi pagi, mereka disajikan sarapan seadanya untuk dinikmati bersama sebagai penambah daya berlangsungnya kegiatan baik klasikal maupun kelompok.

Demikian sekelumit Hari Santri Nasional di MADYAMUDA. Barangkali nuansanya berbeda dengan dengan hiruk-pikuknya peringatan Hari Santri Nasional di sekolah/madrasah bapak/ibu. Meski cukup sederhana, namun tetap semangat Santri Indonesia untuk Perdamaian Dunia.


madyamuda, 22/10/2019


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Proposal Kegiatan Pondok Ramadhan 1439 H

Implementasi Puasa bagi Kehidupan Sehari-hari

Pesan, Nasehat dan Wasiat KH. Ahmad Dahlan