GOBYOS DI MINGGU KE-3 NOVEMBER



Minggu ketiga bulan November tahun ini, benar basah kuyup, klebus bagai diguyur hujan deras. Klebus ‘njobo-njero’ karena berbagai kegiatan maraton atau bahkan berbarengan. Serasa masing-masing panitia saling berebut waktu dalam menggelar kegiatan yang telah diagendakan.


Mulai dari kegiatan Ceria Athfal kemarin yang diselenggarakan di SMP MUMA Kandangan. Merupakan agenda dari Kwarda yang ‘maaf’ sedikit terkesan agak dipaksakan. Namun, Alhamdulillah semua cabang lomba berjalan aman, tertib, lancar, dan sukses. Sehingga dari kegiatan tersebut menelurkan beberapa sekolah/madrasah yang berpotensi.


Tsamuha Smart Competition (TSC) sebuah event bergengsi yang digelar MTs Al Mu’min Muhammadiyah pun juga turut memberi warna kegiatan di minggu ini. Beberapa cabang lomba disajikan secara apik sebagai ajang kompetisi lembaga pendidikan jenjang SD/MI bersifat umum. Peserta TSC tidak hanya Perguruan Muhammadiyah pun juga dibuka se- Wilayah Jawa Tengah.


Dari berbagai cabang lomba TSC yang disajikan di antaranya, seperti Cerdas Cermat Islam, Olympiade Matematika, Panahan, Speech Contest, Musabaqoh Hifdzil Qur’an, Cipta Cerpen, Olympiade IPA, dan Kaligrafi. Maka dari sini lah kita dapat mengukur madrasah kita, sehingga kitapun bisa mengambil banyak pelajaran.


Di samping itu, Pokjawas Kabupaten Temanggung juga tidak mau ketinggalan. Tepatnya dari tanggal 19 sampai dengan 23 November 2019 menjadwalkan Diklat Penguatan Kepala Madrasah angkatan I dan II yang bekerjasama dengan Balai Diklat Keagamaan Semarang. Oleh sebab itu, di saat para peserta didiknya berkompetisi sebagian dari kepala madrasah yang terjadwal di angkatan I dan II tidak bisa membersamainya.


Babak penyisihan KMNR-15 se-Indonesia yang dilaksanakan hari ini Ahad, 24/11/2019 telah menjadi polesan akhir kegiatan di minggu ini. SD Mutual 1 Magelang yang ditunjuk sebagai tempat regional wilayah karisidenan Kedu telah menfasilitasi pelaksanaan kegiatan ini. Sehingga sekitar 26 sekolah/madrasah tingkat SD/MI dan SMP/MTs dengan jumlah kurang lebih 3.000 siswa yang hadir untuk berkompetisi, Alhamdulillah berjalan dengan aman, tertib, lancar, dan sukses. 


Dari berbagai ajang kompetisi di atas, baik Ceria Athfal maupun TSC Al Matera, MI Muhammadiyah Purwodadi baru mampu memboyong tiga piala. Dua di antaranya pada kegiatan Ceria Athfal, yaitu cabang Pildacil Juara II dan Symaphore Pa Juara III. Kemudian di event  Tsamuha Smart Competition (TSC) 2019 hanya mampu meraih satu juara, yaitu Juara I cabang Cerdas Cermat Islam. Sedangkan pada kegiatan KMNR-15 masih menunggu proses koreksi oleh panitia pusat.


Dari prestasi yang belum sesuai target ini semoga menjadi pelajaran berharga sekaligus sebagai pelecut semangat bagi kami untuk senantiasa berbenah dan berbenah guna mempersiapkan peserta didik di berbagai ajang kompetisi yang akan datang. Dan semoga langkah kecil kaki MI Muhammadiyah Purwodadi ini pun termasuk salah satu bentuk ikhtiyar sebagai upaya kami dalam rangka menggelorakan lembaga pendidikan menuju Amal Usaha Muhammadiyah yang berkemajuan.




---------------------------------
@re’deeb, 24/11/2019

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Proposal Kegiatan Pondok Ramadhan 1439 H

Implementasi Puasa bagi Kehidupan Sehari-hari

Pesan, Nasehat dan Wasiat KH. Ahmad Dahlan