Jumat Mubarok, Yuk, Kita Muhadhoroh!





Jumat hari ini merupakan kegiatan muhadhoroh terakhir kalinya di bulan Januari. Kegiatan rutin mingguan yang selalu melibatkan semua siswa dari kelas 1 sampai kelas 6. Namun, nampaknya mulai Jumat ini settingannya berbeda. Muhadhoroh diperuntukkan bagi siswa kelas 3, 4, dan kelas 5. Sementara kelas 1 dan 2 dengan menu kegiatan menggambar dan mewarnai, sedangkan kelas 6 fokus materi pelajaran guna menghadapi ujian akhir.

Siswi yang sedang tampil itu bernama Dina Aulia Noviyanti. Ia dilahirkan di Kota Temaanggung, 11 November 2009. Umurnya 10 tahun. Saat ini ia duduk di kelas IV MI. jika besar nanti, dia bercita-cita ingin menjadi seorang dokter. Hobinya membaca, menulis surat, dan berlatih pencak silat. Ia juga suka bermain lompat tali dengan teman-temannya. Kemudian, hal yang paling berkesan dalam hidupnya adalah ketika ia menjadi juara event OlympicAD dan open turnamen YKTC di Yogyakarta. Adapun pandangan hidupnya, kejujuran dan ketekunan adalah mata uang yang berlaku di mana-mana.


Dalam uraian singkatnya ia menjelaskan, bahwa Ayyub as juga adalah manusia terpilih yang padanya terdapat banyak keteladanan. Adapun nilai-nilai keteladanan yang ada pada Nabi Ayyub as. yang pertama adalah Penyabar. Teladan utama pada nabi Ayyub as adalah sifatnya yang sangat penyabar meski harus menghadapi cobaan demi cobaan dari Allah SWT. Kesabaran Ayyub as ini diabadikan di dalam Al-Quran surah Shad ayat 44.


Selanjutnya nilai keteladanan yang kedua yaitu sangat taat pada Allah. Nabi Ayyub adalah sosok yang sangat taat kepada Allah SWT. Bahkan ketaatan inilah yang membuat iblis marah dan jengkel kepadanya sehingga berusaha agar Allah SWT memberi cobaan kepada Ayyub sebab iblik yakin ketaatan Ayyub as hanya karena ia diberi nikmat oleh Allah SWT.


Demikian, ceramah singkat dari siswi kelas IV dalam kegiatan Jumat hari ini. Semoga kita semua dapat meneladani kesabaran dan ketaatan dari kisah nabi Ayyub as. Marilah kita bermunajad kepadaNya, “Ya Allah, Engkau telah menghidupkanku kembali pagi ini di Hari Jumat. Hidupkan pula hatiku agar senantiasa bersyukur atas segala nikmat yang Kau beri. Hidupkan pikiranku agar apapun yang aku kerjakan, Engkau yang selalu ku ingat.”



mimpurwodadi-beranibeda
Jan. 31/2020

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Proposal Kegiatan Pondok Ramadhan 1439 H

Implementasi Puasa bagi Kehidupan Sehari-hari

Pesan, Nasehat dan Wasiat KH. Ahmad Dahlan