KEMBALI KE MADRASAH



Jumat (03/01) pagi yang berkabut tidak menyurutkan semangat siswa MI Muhammadiyah Purwodadi berangkat ke madrasah. Mereka insya Allah merupakan calon-calon entrepreneur yang ulung di kemudian hari. Pasalnya hari ini mereka akan menjali pelaku langsung dalam kegiatan market day yang diselenggarakan di madrasah.


Peserta market day hari pertama kali ini adalah kelompok 1 sampai kelas 5. Sedangkan konsumen atau pembelinya adalah sebagian warga sekolah, mengingat orangtua atau wali murid belum dilibatkan. Usai salat dhuha mereka menyiapkan barang dagangannya di  stand masing-masing yang telah dipilihnya.


Kegiatan market day ini merupakan salah satu upaya untuk membangun dan menumbuhkan jiwa kewirausahaan atau entrepreneurship pada diri anak-anak sejak dini.  Hal ini senada dengan yang diajarkan dalam buku tema kelas 5 dan kelas 6.


Usai acara dibuka secara resmi, kelompok yang mendapat giliran menjadi penjual menuju dan menempati meja dagangannya masing-masing untuk memulai kegiatan jual beli. Di dalam kegiatan market day ini, terjadi proses pembelajaran secara langsung. Mereka melaksanakan belajar dengan cara melakukan langsung. Dengan demikian mereka akan langsung bisa merasakan atau mengalami seluruh proses yang dibutuhkan dalam kegiatan entrepreneurship.


Aneka makanan disajikan dalam acara market day yang kali ini. Toko Anti Gossip Berkah (stand kelompok 5) yang menyajikan aneka jajanan seperti jeli, sate buah, rolade, jeruk, salak, apel, ceker, kentang crispi, dan hasil prakarya siswa. Patokan harga tiap jenis jajanan berbeda-beda, mulai dari lima ratus, seribu, dan dua ribu.


Kelompok Warung Jaya Abadi  yang menjajakan jus jambu, juz manga, pizza mini, pisang coklat, jenang gombyar dan permen. Sementara stand lainnya menjajakan Takoyaki, jamur crispi, rolade, dan lain sebagainya.


Alhamdulillah, kegiatan market day hari pertama berjalan lancar dan sukses. Peserta didik sangat antusias, penuh ceria, dan gembira. Sampai ketemu di market day ke dua esuk hari. Semoga Allah SWT senantiasa meridloi langkah kecil kami.


bersambung,,,,





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Proposal Kegiatan Pondok Ramadhan 1439 H

Implementasi Puasa bagi Kehidupan Sehari-hari

Pesan, Nasehat dan Wasiat KH. Ahmad Dahlan