MABIT PUTARAN PERTAMA


Sore hari ini, hujan belum juga nampak reda mengguyur Purwodadi dan sekitarnya. Namun tak pernah sedikitpun mematahkan semangat anak-anak kelas 6 berangkat ke madrasah untuk mengikuti kegiatan malam bina iman dan taqwa. Kehadiran mereka pun disambut dengan ramah oleh guru piket yang dating awal, yaitu Bu Farida dan Pak Arqom.

Adzan maghrib telah berkumandang, mereka bergegas menuju mushala untuk menunaikan salat berjamaah. Selaku imam yang bertugas pada kesempatan itu adalah ustadz Arqom. Usai melaksanakan salat magrib, beliau membimbing anak-anak untuk tadarus bersama lebih kurang 10 menit. Kemudian dilanjutkan kegiatan setoran hafalan materi Qur’an Hadits, ada yang setor ke ustadz Arqom, ustadz Miqdad, Ustadz Aldy, dan ustadzah Wikhda.

Gerimis yang melanda, udara yang semakin dingin mengiringi mereka dalam menunaikan salat isya berjamaah bersama kepala madrasah, dan ini mungkin akan menjadi ujian tersendiri bagi anak-anak yang mempunyai jiwa pemalas. Selasai sunat ba’da isya, kepala madrasah memberi beberapa pesan, yang di antaranya terkait dengan betapa pentingnya menjaga salat, akhlak dan adab, untuk selalu menumbuhkembangkan 5 S, giat belajar, dan agar supaya selalu menjaga kebersihan.

Selanjutnya, mereka masuk ruang kelas dan disuguhi film motivasi. Pemutaran film motivasi ini dimaksud agar anak-anak tidak jenuh dalam mengikuti kegiatan mabit putaran pertama ini. Di samping pesan-pesan positif dalam film tersebut juga dapat terserap.

Pukul 03.25 pagi, mereka dibangunkan oleh ustadz Miqdad guna menunaikan salat tahajud berjamaah. Kemudian dilajutkan dengan salat shubuh dan tadarus bersama. Setelah itu, anak-anak kembali melanjutkan setoran hafalannya sampai pukul 06.00 kepada ustadz Arqom. Kegiatan diakhiri dengan salat dhuha sebelum mereka pulang ke rumah masing-masing.

Demikian kegiatan Malam Bina Iman dan Taqwa di MI Muhammadiyah Purwodadi pada putaran pertama ini. Kegiatan ini merupakan program wajib yang harus diikuti oleh siswa-siswi kelas 6 pada semester genap. Semoga kegiatan ini menjadi nilai tambah dan bermanfaat bagi warga MI Muhammadiyah Purwodadi. Sampai ketemu pada kegiatan mabit berikutnya.


salam santun_
mimpurwodadi-beranibeda
gowongan, 11-12/01/2020


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Proposal Kegiatan Pondok Ramadhan 1439 H

Implementasi Puasa bagi Kehidupan Sehari-hari

Pesan, Nasehat dan Wasiat KH. Ahmad Dahlan