Upacara sebagai Pendidikan Karakter



Senin pagi hari ini mentari tersenyum cerah, secarah anak-anak hebat MI Muhammadiyah Purwodadi calon pemimpin masa depan. Sebagaimana setiap Senin melaksanakan kegiatan Upacara Bendera pada pagi hari sebelum Kegiatan Belajar Mengajar dimulai. Kegiatan ini dimaksud untuk menumbuhkan nilai kedisiplinan, kepemimpinan, kerja sama dan kekompakan, kekuatan fisik dan mental, patriotisme/kepahlawanan, dan lain sebagainya.


Petugas Upacara Senin kali ini adalah campuran dari kelas 4 dan 5. Sebagai pemimpin Upacara adalah Dina Aulia siswi multitalen dari kelas IV. Bertugas sebagai pengibar bendera Kamila, Syifa, dan Nia. Kemudian siswa-siswi yang lain bertugas sebagai pembaca tata upacara bendera, pengatur upacara, pemimpin upacara, pembawa teks Pancasila (ajudan), pembaca UUD 1945, pembaca janji siswa, pembaca doa, dirigen; dan pemimpin pasukan. Sementara bertindak sebagai Pembina Upacara adalah kepala Madrasah.


Sebelum menyampaikan amanat, kepala madrasah memberikan apresiasi kepada petugas upacara, yang mana mereka telah melaksanakan tugasnya dengan baik. Selanjutnya beliau menyampaikan amanah kepada seluruh warga madrasah, pertama agar semua warga madrasah senantiasa menjaga kebersihan madrasah dan lingannya. Kemudian yang kedua dalam semester genap ini menghimbau para siswa untuk lebih giat dalam belajarnya. Dengan demikian diharapkan warga madrasah dapat terus mengingat dan mengamalkan apa yang dinasihatkan oleh pembina upacara.


Kepala Madrasah juga menuturkan, bahwa untuk mensuport agar anak-anak lebih giat belajarnya maka dari Madrasah mengalokasikan dana hadiah untuk peringkat 1, 2, dan 3 di masing-masing kelas dari kelas I sampai dengan kelas VI. Beliau juga menyampaikan bahwa hadiah ini jangan dilihat dari bentuk dan nominalnya, karena tidak seberapa tapi mudah-mudahan bermanfaat dan yang paling penting adalah tujuannya yaitu agar anak-anak lebih semangat lagi belajarnya untuk mencapai prestasi atau nilai yang lebih baik lagi.


Selanjutnya di babak akhir upacara diadakan pemberian hadiah bagi siswa-siswi berprestasi dalam Penilaian Akhir Semester kemarin. Pembrian hadiah dimandatkan kepada Waka Kurikulum yang dibantu Waka Kesiswaan. Adapun daftar siswa berprestasi adalah sebagai berikut:

PERINGKAT
NAMA SISWA
KELAS
1
Keisha Alula
1
2
Keisha izza
1
3
Naufa Nuha N
1
1
Najwa Avika Putri
2
2
Kiana Wahda Mutiara
2
3
Azira Mizan Azzahra
2
1
Shabrina Maratu Hanifa
3
2
Naila Khansa Sabiha
3
3
Ayesha Hanani Aufa
3
1
Dina Aulia Noviyanti
4
2
Damia Irdina Keysha N
4
3
Keysha Naila Warda
4
1
Adam Robit Fuadhi
5
2
Pradiya Kurniawan
5
3
Kamilatu Muawamah
5
1
Fachri Nazzar Al-ihsan
6
2
Azkia Syahida
6
3
Alvira Khorunnisa’
6

Demikan kegiatan upacara bendera yang dilaksanakan di MI Muhammadiyah Purwodadi. Semoga kegiatan Upacara Bendera ini dapat menumbuhkan nilai-nilai karakter bangsa dan mencetak generasi-generasi yang kuat dan tangguh. Sehingga pada akhirnya tujuan pendidikan karakter yang dicita-citakan dapat terwujud dengan baik.


mimpurwodaditbk, 13/01/2020

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Proposal Kegiatan Pondok Ramadhan 1439 H

Implementasi Puasa bagi Kehidupan Sehari-hari

Pesan, Nasehat dan Wasiat KH. Ahmad Dahlan