Belajar Nyantri di Pondok Ramadan

 

 


MI Muhammadiyah Purwodadi bekerjasama dengan Angkatan Muda Muhammadiyah Purwodadi kembali menggelar kegiatan Pondok Ramadan sebagai syiar di bulan penuh berkah. Pondok Ramadan yang dilaksanakan selama 2 malam 3 hari yaitu mulai hari Rabu hingga Jum’at, 12 – 14 April ini diikuti oleh siswa/i kelas 4 – 6 MI Muhammadiyah Purwodadi ditambah dari sekolah lain.

 

Adapun para pemandu/pendamping peserta berbeda dengan Pondok Ramadan sebelum-sebelumnya. Guna memenuhi kebutuhan pemandu putra kita bersinergi dengan Pondok Pesantren Takhfidzul Qur’an As Surkati Salatiga sehingga dapat menghadirkan santriwan berjumlah 6 orang. Sedangkan pemandu putri terdiri dari 3 santriwati Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Zabisa Temanggung dan 4 mahasiswi yang berasal dari berbagai kampus.

 

Dalam kegiatan ini, materi yang disampaikan meliputi hal-hal yang berkaitan dengan ibadah di bulan Ramadan. Seperti kaifiyah puasa, zakat, shalat, shalat tarawih, adab-adab dalam berpuasa, termasuk syarat dan rukun puasa, serta siroh Nabawi.

 

Teater Ganjil Temanggung turut berkontribusi dalam penyajian materi kisah nabi yang
disampaikan pada malam pertama kegiatan ini. Menu Kesehatan dan Pelatihan dokter kecil yang dibawakan oleh Tim medis GCC RS. PKU Muhammadiyah Temanggung menambah hangat suasana Pondok Ramadan berbeda dari Ponra-ponra sebelumnya sehingga peserta pondok Ramadan sangat antusias mengikuti materi dan simulasi yang diberikan.

 

Kegiatan Pondok Ramadan dari tahun ke tahun haruslah dikemas dengan menarik agar siswa tidak bosan, jenuh, atau pun mengantuk. Sehingga terbukti kegiatan Pondok Ramadan merupakan sebuah kegiatan tahunan yang selalu diminati dan digandrungi oleh setiap peserta didik, khususnya siswa MI Muhammadiyah Purwodadi.

 

Semoga kegiatan Pondok Ramadan ini bermanfaat bagi para peserta didik. Selain meningkatkan pemahaman agama, juga dapat membantu meningkatkan kebersamaan, kesabaran, kedisiplinan, dan kesederhanaan. Kegiatan ini juga menanamkan kemandirian dalam diri peserta didik. Dengan bekal pengetahuan yang cukup diharapkan peserta didik dapat melaksanakan ibadah di bulan suci dengan maksimal.

 

 

===

gowongan, april’14-2023

adib

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Proposal Kegiatan Pondok Ramadhan 1439 H

Implementasi Puasa bagi Kehidupan Sehari-hari

Pesan, Nasehat dan Wasiat KH. Ahmad Dahlan